Selasa, 13 Juni 2017

PAPAN BIMBNGAN




A.    Pengertian Papan Bimbingan
Papan Bimbingan merupakan salah satu media yang efektif bagi perubahan perilaku peserta didik. Papan Bimbingan adalah papan yang khusus digunakan untuk mempertunjukkan materi-materi Bimbingan dan Konseling yang berisi artikel, gambar, poster, dan objek dalam bentuk tiga dimensi. Papan bimbingan merupakan media untuk memberikan informasi, imbauan, tempat menuangkan kreativitas, gagasan dan ide bagi peserta didik dan semua warga sekolah.
Layanan informasi merupakan salah satu jenis layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah yang memungkinkan peserta didik (konseli) menerima dan memahami berbagai informasi. Layanan informasi bertujuan untuk membekali individu dengan berbagai pengetahuan dan pemahaman tentang berbagai hal yang berguna untuk mengenali diri, merencanakan, dan mengembangkan pola kehidupan sebagai pelajar serta guna membantu siswa agar dapat terhindar dari berbagai masalah yang dapat mengganggu pencapaian perkembangan peserta didik, baik yang berhubungan dengan diri pribadi, sosial, masalah belajar ataupun kariernya.
Dari paparan di atas, maka dapat disimpulkan bahwa papan bimbingan merupakan media informasi BK yang didalamnya terdapat informasi bimbingan yang dapat membantu peserta didik dan ditampilkan secara menarik, menggunakan bahasa lugas dan mudah dipahami sehingga peserta didik tertarik untuk membacanya. Papan bimbingan ini bertujuan agar membekali peserta didik dengan berbagi informasi pengetahuan dan pemahaman tentang berbagi hal yang berguna untuk mengenali diri dan merencanakan dan mengembangkan pola kehidupan. Selain itu, berdasarkan isi materi-materi yang disampaikan dalam papan bimbingan tidak boleh disamakan dengan papan pengumuman biasa ataupun majalah dinding. Hal ini dikarenakan, materi yang disampaikan dalam papan bimbingan berisi tentang informasi yang memba peserta didik, seperti : Bidang Pribadi, Bidang Sosial, Bidang Belajar, maupun Bidang Karir.
B.     Manfaat Papan Bimbingan
Manfaat Media Papan Bimbingan, secara umum media mempunyai kegunaan diantaranya:
1.      Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis.
2.      Mengatasi keterbatasan ruang, waktu, tenaga, dan daya indra.
3.      Menimbulkan gairah peserta didik, interaksi lebih langsung antara perserta didik dan guru BK.
4.      Proses layanan Bimbingan dan Konseling dapat lebih menarik.
5.      Kualitas layanan Bimbingan dan Konseling dapat ditingkatkan.
6.      Meningkatkan sikap positif pererta didik terhadap materi layanan BK.
7.      Dapat mengatasi berbagai keterbatasan pengalaman peserta didik.
8.      Dapat mengembangkan keinginan dan minat baru.
9.      Dapat membangkitkan motivasi dan merangsang peserta didik lebih giat belajar.
Jadi, Media Papan Bimbingan sangat membantu dalam berlangsungnya pelaksanaan layanan Bimbingan dan Konseling. Madia Papan Bimbingan memudahkan pemahaman bagi peserta didik dan dengan media papan bimbingan konselor atau guru BK menjadi sangat terbantu serata lebih efektif. Media Bimbingan dan Konseling dalam penggunaannya harus relevan dengan tujuan atau kompetensi yang ingin dicapai dan isi layanan BK itu sendiri. Media juga untuk meningkatkan kualitas layanan Bimbingan dan Konseling, pada umumnya BK yang disampaikan dengan menggunakan media akan tahan lama dalam ingatan para peserta didik.
C.    Kelebihan dan Kekurangan Media Papan Bimbingan
1.      Kelebihan
a.       Pembuatannya mudah dan biaya terjangkau.
b.      Bisa menarik perhatian peserta didik.
c.       Melatih kreativitas.
2.      Kekurangan
a.       Membutuhkan ketrampilan dan kesabaran dalam pembuatannya.
b.      Penyajian pesan hanya dalam unsur visual saya (yang dapat dilihat)
D.    Cara Pembuatan Papan Bimbingan
1.      Ukuran papan bimbingan tidak boleh terlalu besar ataupun terlalu kecil.
2.      Ukuran hutufnya jangan terlalu kecil agar mudah dibaca.
3.      Papan Bimbingan harus dapat menarik perhatian.
4.      Alas untuk papan bimbingan dapat menggunakan sterofom atau triplek.
5.      Agar menarik, perlu dicat dengan wara dan diberi bingkai agar terlihat rapi.
6.      Berilah judul yang menarik dengan warna dan ukuran yang besar agar terlihat jelas.
7.      Kumpulkan bahan-bahan berupa gambar, krtun objek, buku, poter, lem, gunting dan lain-lain.
8.       Gunakan gradasi warna agar lebih menarik peserta didik untuk melihat.
9.      Gunakan penyajian dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh peserta didik, bukan bahasa yang terlalu formal.
10.  Lay out dan design menggunakan teknik dummy, yaitu meletakan gambar agar seimbang.
11.  Tempelkan materi dalam papan bimbingan sesuai dengan fungsinya.

    ➧Foto saat proses pembuatan papan bimbingan


   ➧Foto Papan Bimbingan

  
    ➧Foto kelompok bersama dosen mata kuliah Media BK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar